22.9.08

22.09.08 Laskar Pelangi

Hmm.. "Laskar Pelangi", pasti udah pada tau khan judul apa itu?? Buat yang belum.. saia kasih tau dech. hehehe =p "Laskar Pelangi" merupakan sebuah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan. Novel ini segera menjadi Best Seller yang kini kita ketahui sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Dalam novel ini, Andrea mengangkat cerita bagaimana semangat anak" kampung miskin itu belajar dalam segala keterbatasan. Mereka bersekolah tanpa alas kaki, baju tanpa kancing, atap sekolah yang bocor jika hujan, dan papan tulis yang berlubang hingga terpaksa ditambal dengan poster Rhoma Irama. Andrea sendiri mengaku novel itu awalnya hanya merupakan catatan kenangan nya terhadap masa kecil nya di Belitong. Dia selalu teringat sahabat" nya di masa kecil, terutama Lintang. Sebab tokoh Lintang merupakan murid yang cerdas dan penuh semangat walau hidup dalam kemiskinan. Setiap hari Lintang harus mengayuh sepeda tua yang sering putus rantainya ke sekolah. Pulang pergi sejauh 80 km. Bahkan harus melewati sungai yang banyak buaya nya.

Sungguh sebuah novel — yang diangkat dari kisah nyata — yang sangat menggugah. Novel yang membuat siapa pun yang membaca akan merasa bersalah dan berdosa jika tidak mensyukuri hidup. Itu pula sebabnya sutradara Riri Riza dan Produser Mira Lesmana tertarik untuk mengangkat kisah ini ke layar film. Lebih lanjut mengenai Laskar Pelangi The Movie klik di sini.

Pembahasan mengenai novel ini pun pernah ditayangkan dalam Kick Andy. Selain pernah membahas tentang isi novel dan memanggil sekaligus mewawancarai Andrea, Bu Mus, beserta tokoh lain nya yang diceritakan dalam novel ini, Kick Andy kembali membahas "Laskar Pelangi" yang akan segera ditayangkan di bioskop pada tanggal 25 September 2008.

*sebagian isi post ini disadur dari Achmatim.Net*

Novel ini bener" menggugah hati.. Saat membaca nya ada sedih, senang, terharu, marah, lucu, dsb. Benar" menakjubkan buat saia karena saia bukan orang yang suka membaca sebuah novel^^ Semangat mengajar dari Bu Mus dan semangat belajar para "laskar pelangi" sangat jarang qta liat di kehidupan saat ini. Novel ini bisa menjadi panutan yang baik untuk qta semua.. untuk qta yang terkadang bermalaz"an dan tidak menghargai jerih payah seorang guru.. untuk qta yang mendapatkan fasilitas mewah dalam bersekolah tapi tetap bermalaz"an.. untuk qta yang mungkin beruntung karena bisa bersekolah di sekolah yang mewah.. bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi bahkan ke luar negeri tanpa pernah menyadari arti penting nya sebuah pendidikan dan juga persahabatan.

Bagi yang belum membaca silakan membaca or mo langsung menyaksikan film nya juga oC!! Selamat membaca dan menonton!!^^v GBU aLL^^


*fiuuhh*

2 comments:

phi said...

yah..blum beres baca ni lie..bagus ya? kt org filmnya bagus..pingin ntn dehhhhhh..tp gag bs :(

LiLy said...

udah baca n kata lie sich baguzz..
klo nonton mah belom, phi..
hehehehehe =p
emang baguz ya??
pengen nonton juga sich..